AKU BAGGA JADI ANAK KEBUMEN

Thursday, October 18, 2012

Bupati Kebumen Panen Ubur-ubur

KEBUMEN (KRjogja.com) - Bupati Kebumen H Buyar Winarso SE melihat langsung aktivitas nelayan di TPI Pasir dan Karangduwur, Kecamatan Ayah, Selasa (18/9). Saat ini nelayan sedang menikmati panen ubur-ubur. Begitu banyaknya ubur-ubur hingga nelayan bisa mendaratkan ubur-ubur tidak kurang dari 100 ton setiap hari.
"Kita bersyukur memiliki potensi laut yang sangat luar biasa. Karena itu, keseimbangan lingkungan laut harus selalu dijaga," ujar Buyar kepada nelayan.
Ubur-ubur hasil tangkapan nelayan Kebumen dibeli pengusaha dengan harga Rp 700 perkilogram. Selanjutnya diolah menjadi barang setengah jadi di rumah pengolahan yang dibangun semi permanen di sekitar TPI.
Musim ubur-ubur ikut dinikmati warga sekitar pantai. Mereka bekerja di rumah pengolahan ubur-ubur sebagai tenaga cuci, pengupas, pemotong, tenaga 'ngasin' (memberi garam agar awet), dan tenaga angkut. Ubur-ubur yang diolah menjadi barang setengah jadi, dikirim ke kota besar seperti Surabaya dan Jakarta untuk diproses hingga siap diekspor ke berbagai negara seperti Hongkong dan Cina.
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kebumen, drh H Siti Suhartilah Jumaryanti, yang mendampingi bupati mengatakan, musim ubur-ubur bisa berlangsung selama 2 bulan ke depan. Meski begitu, sangat tergantung cuaca. "Jika sudah memasuki musim hujan, ubur-ubur akan menghilang," jelasnya. (Suk)

No comments:

Post a Comment